Ada banyak hal yang tidak ideal dalam hidup ini. Kehidupan selalu satu paket: senang-susah, menangis-tertawa, baik-buruk, cantik-jelek, enak-tidak enak, dan seterusnya. Kita tidak bisa memilih hanya menjalani satu bagian dari paket-paket kehidupan itu.

Ada banyak hal yang tidak ideal dalam hidup ini. Siapakah kita ini sehingga bisa mengatur jalannya kehidupan. Kita cuma setitik debu di jagad raya. Kita hanyalah bagian kecil dari sebuah dentuman besar, begitu dikatakan dalam Dunia Sophie. Tapi, kita adalah bintang kecil yang hidup. Bintang kecil yang diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari ketidakterhinggaan jagad ini. Kita boleh berkarya, berpikir, berencana, bekerja, dan menancapkan cita-cita sebagai manusia.

Ada banyak hal yang tidak ideal dalam hidup ini. Melengkapi yang satu berarti kekurangan untuk hal yang lain. Memaksakan semuanya kerapkali malah memperpanjang daftar keruwetan. Tapi, apakah artinya menancapkan cita-cita kala semua hal menjadi mudah tanpa masalah? Apakah ada yang disebut kebanggaan kala semua yang kita inginkan cukup didapatkan hanya dengan mengedipkan mata?

Syukurlah bahwa ada banyak hal yang tidak ideal dalam hidup ini. Sebab, dengannya kita boleh bercita-cita. Dengan bercita-cita kita boleh belajar tentang perjuangan. Dengan perjuangan kita boleh memberi arti pada kehidupan. Dan, ketika saatnya tiba, kita boleh tersenyum dan berterimakasih karena diberi kesempatan untuk menjadi sebuah bintang kecil yang hidup.

Biarlah kesusahan hari ini cukup untuk hari ini. Memikirkannya terus dan hanyut di dalamnya toh tidak akan menyelesaikan persoalan. Sementara, kesusahan berikutnya sudah menunggu esok pagi.

Iklan